Titanium Backup Pro

Seiring dengan banyaknya kebutuhan, berbagai aplikasi jenis “hack” mulai bermunculan. Pada ponsel Android, kamu bisa menemukan cukup banyak jenisnya. Misal aplikasi yang dipakai buat melakukan kompres foto. Selanjutnya, ada juga aplikasi yang digunakan untuk unduh video.

Aplikasi lain yang termasuk hack adalah Titanium Backup Pro. Aplikasi ini, bisa digunakan untuk melakukan pemulihan. Saat kamu baru saja melakukan penghapusan data penting. Aplikasi bisa dipakai untuk mengembalikan itu, meski syaratnya harus root.

Setelah ponsel kamu di-root, aplikasi Titanium Backup Pro bisa digunakan dengan mudah. Berbagai fitur menarik bisa didapatkan. Apalagi versi pro memiliki banyak kelebihan, serta sangat stabil. Kalau kamu ingin mencoba aplikasi ini, simak dulu ulasannya berikut ini.

Review Aplikasi Titanium Backup Pro

1. Fungsi secara Umum

Titanium Backup Pro

Seperti namanya, salah satu fungsi dari aplikasi ini adalah melakukan backup. Fungsi ini akan membuat pengguna ponsel Android tidak takut kalau datanya hilang. Misal, karena salah menghapus atau ada error. Dampaknya, beberapa aplikasi dan data terhapus dengan sempurna.

Tanpa menggunakan aplikasi, pengembalian file atau aplikasi tidak bisa dilakukan. Kalau hal itu penting, kamu akan kesulitan sendiri. Namun, bila menggunakan aplikasi Titanium Backup, semua bisa dikembalikan layaknya mengembalikan sampah dari folder Bin.

Baca Juga: Zarchiver Pro APK

Apakah fungsi dari aplikasi ini cuma sekadar membuat backup saja? Jawabannya tentu saja tidak. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, termasuk:

  • Backup user pada aplikasi mudah. Tidak semua orang mampu mengingat semua user, pada aneka aplikasi yang digunakan. Apalagi kalau username dan password yang digunakan berbeda. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menyalin semua dengan mudah.
Backup-user-pada-aplikasi-mudah
  • Backup secara periodik dan diperbarui. Biasanya setiap 3 hari sekali, pembaruan backup dilakukan. Hal ini terjadi karena dalam beberapa hari saja, perubahan pada aplikasi, data, atau sistem di ponsel terjadi.
Backup-secara-periodik-dan-diperbarui
  • Backup sesuai keinginan. Kalau kamu hanya ingin melakukan backup pada beberapa aplikasi atau data saja, lakukan seleksi. Namun, kalau ingin melakukan backup ke semua yang ada di ponsel, gunakan fitur batch.
Backup-sesuai-keinginan

2. Kriteria Ponsel

Kriteria-Ponsel

Sebenarnya tidak ada kriteria khusus yang harus diperhatikan. Hampir semua ponsel, asal memiliki versi Android 4.4 ke atas bisa digunakan. Apalagi kalau kamu menggunakan Android versi terbaru, kemungkinan akan lancar.

Syarat RAM tidak ada, tapi pastikan ponsel yang digunakan memiliki ukuran 2 GB atau lebih. Selanjutnya, untuk ruang penyimpanan usahakan kosong separuh (8-16 GB), mengingat backup butuh banyak tempat.

3. Harga

Harga

Kalau kamu ingin menggunakan aplikasi ini, bisa langsung unduh dari Play Store. Namun, syaratnya ponsel yang digunakan harus root. Artinya sistem akan dibuka. Kalau ponselmu masih orisinal pabrik, kemungkinan besar tidak akan bisa digunakan.

Aplikasi dengan fitur terbatas bisa digunakan gratis. Namun, kalau kamu ingin fungsi penuh, harus mengaktifkan versi pro. Atau bisa memakai file APK versi pro.

Perbedaan Versi Pro APK dan Gratis

Perbedaan-Versi-Pro-APK-dan-Gratis
PembandingVersi Pro APKVersi Gratis
Versi Terbaru8.4.0.28.4.0.2
HargaGratis.Gratis, bisa diupgrade ke versi pro dari aplikasi.
Tempat DownloadWebsite sharing aplikasi dalam bentuk APK.Play Store.
Ukuran File7.64 MB4.81 MB
FiturSama dengan rilisan terbaru.Sama dengan rilisan terbaru termasuk pembaruan pada Menu dan perbaikan terjemahan bahasa.
KelengkapanSemua fitur terbuka.Tidak semua fitur terbuka.

Fitur Aplikasi Titanium Backup Pro

1. Semua Fitur Terbuka

Semua-Fitur-Terbuka

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan, kalau pakai versi mod adalah unlimited. Semua fitur yang ada pada aplikasi akan terbuka semuanya. Itulah kenapa versi ini disebut Pro. Kalau menggunakan versi gratisan saja, fitur penting akan terkunci.

Fitur yang terbuka, meliputi sinkronisasi ke beberapa Cloud seperti Google Drive, Box, dan DropBox. Selanjutnya, ada juga fungsi backup secara batch, membekukan aplikasi, melakukan enkripsi, mengubah ID pada ponsel, dan masih banyak lainnya.

2. Memodifikasi Aplikasi Bawaan

Memodifikasi-Aplikasi-Bawaan

Pada beberapa ponsel, saat membeli dalam kondisi baru, aplikasi bawaan umumnya sudah ada. Aplikasi bawaan seperti ini, kadang memenuhi ponsel. Saat akan dihapus tidak bisa dilakukan. Beberapa aplikasi mungkin bisa dihapus, tapi berakibat buruk pada ponsel.

Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah dengan menggunakan Titanium Backup. Aplikasi ini, bisa dipakai untuk memodifikasi aplikasi bawaan. Kalau memang tidak dimanfaatkan lagi, bisa segera dihapus dengan cepat dan tidak berisiko.

3. Mencegah Ponsel Boros Baterai

Mencegah-Ponsel-Boros-Baterai

Aplikasi yang ada pada ponsel, akan menggunakan daya untuk melakukan standby. Sebut saja aplikasi chat dan sejenisnya. Kalau terus melakukan standby, lambat laun baterai akan habis dengan sendirinya.

Cara terbaik mengatasi masalah seperti ini adalah dengan membekukan aplikasi. Kamu bisa membekukan aplikasi mana saja yang memicu boros. Selanjutnya, biarkan aplikasi yang memang dibutuhkan. Dengan melakukan ini, kamu tidak perlu sering mengisi daya.

4. Meningkatkan Kinerja Ponsel

Meningkatkan-Kinerja-Ponsel

Dua ponsel yang memiliki chipset dan RAM sama belum tentu memiliki kinerja sama. Terkadang, kalau sistem pada ponsel buruk, dua jeroan ponsel itu tidak bisa dimaksimalkan. Dampaknya, ponsel yang sedang kamu gunakan jadi lemot. Sulit membuka aplikasi besar.

Apabila kamu menggunakan Titanium Backup, kinerja dari chipset dan RAM akan diefisienkan. Dampaknya, ponsel yang digunakan bisa lebih lancar. Hal-hal seperti ponsel jadi lemot, sampai hang tidak terjadi. Jadi, kamu bebas menggunakan aplikasi apa pun termasuk game HD.

Cara Download Titanium Backup Pro

Nama GameTitanium Backup Pro
Ukuran7.64 MB
Versi8.4.0.2
HargaGratis.

Cara Instal Aplikasi Titanium Backup Pro

Memasang aplikasi yang sudah dimodifikasi butuh kehati-hatian. Kamu harus mendapatkannya dari situs yang tepat agar tidak ada virus. Selanjutnya, cari versi terbaru sebelum diunduh. Untuk aplikasi Titanium Backup, simak cara di bawah ini.

  • Kalau ponsel menolak pemasangan, ubah pengaturannya. Perubahan ini dilakukan untuk mengizinkan file yang berasal dari sumber tidak tepercaya.
  • Caranya mudah, kamu tinggal masuk ke menu Pengaturan atau Setelan > Masuk ke Bagian Keamanan > Kemudian beri centang pada bagian Sumber Tak Dikenal.
instal mod english
Pengaturan Bahasa English
instal mod indo
Pengaturan Bahasa Indonesia
  • Buka unduhan file APK Titanium Backup versi pro APK.
  • Sebelum setuju untuk melakukan pemasangan, ada baiknya membaca permission-nya terlebih dahulu.
  • Tunggu sampai pemasangan selesai, lalu segera gunakan.
  • Jika masih bingung bagaimana cara menggunakan Titanium Backup Pro, kamu bisa membaca panduannya di aplikasi atau di internet.

Aplikasi ini, memiliki ukuran kecil, sehingga bisa dipasang di mana saja. Meski ponsel yang kamu gunakan versi lawas, gangguan tidak akan terjadi. Coba dulu aplikasi ini pada ponsel kamu yang sudah habis masa garansinya, agar aman saat rooting.

Titanium Backup Pro merupakan salah satu aplikasi paling bermanfaat untuk Android yang sudah di root. Artinya, kalau ponsel kamu belum dilakukan rooting, aplikasi tidak akan bisa digunakan. Oleh karena itu, coba lakukan rooting dahulu kalau ingin memanfaatkan semua fungsinya.

Dapatkan Juga Apk Lainnya :

You might also like