Aplikasi Edit Video

Mengedit video melalui smartphone Android atau iOS bukanlah barang baru lagi. Apalagi di era seperti saat ini aplikasi edit video sangat banyak, unggahan video makin beragam dan pergerakan media sosial yang begitu cepat, sehingga para content creator dituntut untuk rajin mengunggah video.

Salah satu hal yang menentukan kualitas unggahan video adalah kemampuan editing video tersebut. Nah, bagi kamu yang membutuhkan aplikasi edit video dari smartphone Android dan iOS, maka inilah rangkuman dan ulasan dari beberapa aplikasi yang bisa kamu pilih.

16 Aplikasi Edit Video Android dan iOS

1. Quik

Quik

Aplikasi jebolan GoPro ini menganalisis video kamu untuk mendeteksi warna dan wajah agar dapat membingkai rekaman kamu dengan sempurna. Aplikasi gratis ini memungkinkan kamu menambahkan transisi dan efek hingga maksimum 200 foto dan klip video dari Gallery foto kamu atau dari GoPro Plus.

2. Adobe Premiere Clip

Clip

Sebagai aplikasi edit video keluaran Adobe, Premiere Clip memiliki banyak fitur yang penting dan interface yang rapih. Pembuatan video yang cepat dengan fungsi pengeditan yang lebih canggih yang memungkinkan kamu melakukan segalanya, mulai dari memotong klip hingga meredam volume musik melalui dialog.

Seakan mengerti bagaimana tren video masa kini, Adobe Premiere Clip ini memiliki preset video yang bisa diterapkan secara otomatis, sehingga proses pengeditan bisa berjalan lebih cepat.

3. iMovie

iMovie

Aplikasi edit video untuk Android dan iOS ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu mengubah video sederhana menjadi sebuah film pendek. Cinematography yang ditawarkan juga tidak tanggung-tanggung. Kamu bisa melakukan sinkroniasi sound effect dan light correcting dengan mudah.

4. WeVideo

WeVideo

WeVideo adalah satu-satunya software yang tidak memberatkan bagi processor saat melakukan editing dan mampu menghasilkan video berkualitas 4K.

Tak hanya itu, WeVideo memberikan kontrol penuh di tangan kamu atas semua elemen kreatif, seperti teks, transmisi, dan efek gerak. Di software ini, imajinasi kamu adalah batasnya. WeVideo ini sangat cocok bagi editor video kreatif untuk membuat iklan atau fim pendek dengan efek animasi.

5. Clips

Clip

Sebagai aplikasi edit video yang dibuat oleh Apple, Clip memiliki salah satu fitur unggulan yang membuatnya menjadi software idola. Clip mampu membuat teks dan judul animasi yang muncul secara otomatis saat kamu berbicara.

Nah, jika kamu tertarik dengan software ini dan ingin menginstalnya di Android, kamu sudah tidak perlu khawatir lagi. Meski buatan Apple, Clip juga hadir di Play Store untuk Android.

6. Splice

Splice

Selain Quik, Splice juga merupakan software editing video terbitan resmi GoPro. Oleh karena itu, software ini pun mengklaim untuk memberi kamu kinerja pengeditan video di iPhone atau Android kamu.

Fitur yang ditawarkan oleh Splice tergolong sederhana, yakni termasuk pemangkasan, pemotongan, efek, judul, kontrol kecepatan, animasi, transisi, dan musik. Meski begitu, interface yang mudah dan serba terjangkau ini membuat Splice digemari editor video pemula.

7. Cameo

Cameo

Cameo adalah aplikasi edit video yang dibuat oleh Vimeo, salah satu platform sharing video selain Youtube. Salah satu fitur yang menjadi kebanggaan Cameo adalah adanya fitur Editor dan Movie Maker memungkinkan kamu membuat video HD dengan cepat.

Dengan aplikasi gratis ini, maka kamu tidak perlu khawatir dengan sistem editor terotomasi. Artinya, kamu hanya perlu mengaktifkan preset untuk mendapatkan hasil cepat dan maksimal.

8. KineMaster

KineMaster

KineMaster mengatakan aplikasi edit video yang mereka dibuat diperuntukkan bagi para profesional, namun aplikasi ini juga cukup mudah untuk digunakan orang biasa. Hal ini dikarenakan software ini dibuat dengan kualitas yang lebih serius dari software lainnya.

Ini dibuktikan dengan pengeditan granular frame-by-frame, preview instan pre-render dan dukungan hingga empat track audio dan klip audio tanpa batas.

Baca Juga: Kinemaster Pro

9. PowerDirector

PowerDirector

Salah satu dari beberapa aplikasi pengeditan video khusus untuk Android, PowerDirector menawarkan pengeditan video dengan track time yang banyak. Kamu mendapatkan sejumlah efek video, pengeditan FX dengan kontrol drag and drop yang intuitif, latar belakang layar hijau dan biru yang dapat diedit.

Selain itu, bagi para pecinta slow motion, maka ada fitur pengeditan gerakan lambat dengan resolusi mencapai 720p atau, Full HD 1080p, dan 4K.

10. LumaFusion

LumaFusion

LumaFusion adalah aplikasi pengeditan video yang serius untuk ponsel iOS dan Android secara gratis. Aplikasi ini hadir dengan banyak fitur yang telah diakui oleh para editor film dan para pakar gadget.

Salah satu fitur yang paling digemari adalah kemungkinan pengguna untuk mengedit tiga video dan tiga trek audio tambahan dengan serangkaian alat pemangkasan dan transisi yang sangat spesifik.

11. VideoGrade

VideoGrade

Jika kamu suka memfilter dan mengubah warna foto saat bepergian, dan selalu membayangkan melakukan hal yang sama dengan video kamu, maka VideoGrade adalah aplikasi yang cocok bagi kamu.

Baik kamu ingin mengubah warna video yang kurang cahaya atau hanya ingin menambahkan sentuhan noir hitam dan putih ke video, ini adalah salah satu dari beberapa aplikasi pengeditan video yang tersedia yang menangani tugas-tugas tersebut dengan mudah.

12. Pinnacle Studio

Pinnacle-Studio

Pinnacle Studio memungkinkan kamu mengedit video, audio, dan foto saat bepergian. Cukup atur klip kamu di storyboard, lakukan pengeditan tepat di timeline, dan kemudian tambahkan transisi, efek, dan soundtrack berkualitas tinggi.

Dengan Pinnacle Studio kamu dapat mengembangkan video berkualitas tinggi dari 720p hingga 4K. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan output hasil editan. Kamu juga bisa menambahkan format yang cocok untuk unggahan Youtube, Instagram, dan media sosial lainnya.

13. PicPlayPost

PicPlayPost

PicPlayPost memungkinkan kamu menambahkan hingga 365 lembar media untuk membuat film berdurasi 30 menit yang dapat kamu bagikan dalam kualitas 1080p yang luar biasa. Ini adalah salah satu keunggulan PicPlayPost.

Pengembang aplikasi ini memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang diinginkan oleh produsen konten yang paham seluler. Aplikasi ini juga menawarkan banyak pilihan personalisasi, termasuk watermark khusus dan logo, serta rasio bingkai 9:16 untuk Insta Story.

14. VivaVideo

VivaVideo

VivaVideo adalah salah satu dari aplikasi edit video yang simpel. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang juga terbilang sederhana, yakni memungkinkan kamu menyambungkan video kamu dengan video lainnya. Namun, editan yang sederhana ini biasa dibutuhkan untuk unggahan Instagram.

Selain mendukung pengguna Instagram yang gemar mengunggah video-video pendek, aplikasi gratis ini mencakup ratusan efek khusus, stiker, filter, klip animasi, dan subtitle untuk mengubah klip video kamu menjadi konten yang dapat dibagikan.

15. Videoshop

Videoshop

Videoshop adalah aplikasi pengeditan video yang mengemas fungsionalitas dengan sangat baik. Kamu dapat melakukan semua dalam satu aplikasi seperti cutting video, menambahkan teks, transisi, dan efek suara, serta mengintegrasikan lagu kamu sendiri.

16. Magisto

Magisto

Magisto didesain menggunakan Artificial Intelligence (AI) yang handal sehingga kamu dapat melakukan berbagai pengeditan secara otomatis seperti stabilisasi, pengenalan wajah, filter dan efek, dan pemotongan otomatis bagi content creator Youtube dan Instagram.

Dari 16 aplikasi edit video di atas, terlihat bahwa setiap aplikasi memiliki keunggulannya masing-masing. Jadi, cara terbaik untuk memilih aplikasi editing video untuk kamu adalah dengan mengerti apa kebutuhan kamu. Selamat mencoba!

Baca Juga :

You might also like